Taman Mini Indonesia Indah


Pertama kali mendengar nama TMII (Taman mini Indonesia Indah), saya langsung membayangkan bahwa disana pastinya hanya ada taman buatan dan miniatur budaya indonesia, gak seru!! pasti membosankan…itulah pandangan saya…dan ketika berkumpul-kumpul dengan rekan saya, semua juga bilang"ah…disana kan cuma ada rumah adat…dan cuma sample aja, gak seru"…mereka juga menyatakan hal yang sama. Nah…jadilah saya tidak pernah berniat bermain kesana…So, selama hampir 7 tahun saya tinggal di Jakarta tercinta, namun sekalipun saya belum pernah singgah ke TMII.  Demikian juga teman-teman saya, banyak di antara mereka yang belum pernah mencoba memasuki  TMII, mungkin sekedar lewat sudah tapi masuk ke dalam, kemudian bermain dan menikmati wahana disana??? bagaimana dengan Anda? hayo ngaku......, sudah pernah gak ke TMII??

Nah..kali ini saya mau cerita mengenai liburan saya di TMII.
Kebetulan saat ini (Desember 2012 ) sedang liburan panjang anak sekolahan dan orang bekerja. Nah karena sedang liburan maka adik saya bersama keponakan saya yang sedang liburan  saya ajak untuk datang berlibur ke Jakarta dan mereka pun meng”iya”kan ajakan saya dan datang ke Jakarta.  
Untuk membawa adik dan keponakan saya berlibur, saya pun mencari-cari tempat rekreasi yang ok. Tiba-tiba ketika saya sedang buka livingsocial.com, disana sedang ada voucher murah untuk naik balon udara di TMII…..wow, saya pun tertarik untuk mengetahui lebih lanjut…saya merasa seperti sedang dikejutkan bahwa ternyata di TMII itu ada balon helium yang sangat besar yang akan mengajak kita untuk melihat dan menikmati Jakarta dari ketinggian. Balon udara ini akan terbang vertikal setinggi 150 meter selama15 menit per sesinya. Normalnya, harga tiket pada hari Senin-Jumat untuk anak-anak adalah Rp 60.000 dan Rp 90.000 bagi dewasa. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, anak-anak dihargai Rp 90.000 dan dewasa Rp 120.000. 


Gambar Balon Raksasa TMII; sumber foto: livingsocial

Saya akhirnya “excited” untuk membuka web site TMII….dan sekali lagi..WOW….ternyata TMII itu benar-benar diluar dugaan saya (sorry alay dikit ya…)…Saya akhirnya merevisi pendapat saya mengenai TMII, ternyata... TMII itu adalah suatu tempat yang menarik dan saya pun harus mengunjunginya : ). Selama ini, setiap ada keluarga yang datang berlibur, saya paling hanya ngajak ke Ancol, dufan, dan Bogor sekitarnya. Kali ini saya mau mencoba mengajak keluarga saya (suami, adik dan ponakan) untuk berlibur di TMII…..

Saat malam menjelang, saya jelaskan ke adik dan ponakan "besok kita akan ke TMII dan berangkatnya harus pagi sekali",  dan mereka pun serentak berkata "Ok kak"…namun, karena saya melihat pengalaman sebelumnya, saya tidak langsung yakin bahwa mereka bisa bangun pagi sekali, jadi saya coba mengingatkan kembali "ingat ya..harus pagi sekali!!" , secara tiap kita mau jalan pasti agak siangan (*maklum bangunnya aja udah siang, mandinya pakai berantem dulu karena pada malas bergerak…heheh...belon lagi sarapannya) dan alhasil tidak banyak yang bisa dilakukan karena ketika kami sampai ke tujuan, sudah sangat siang....


Akhirnya...hari yang ditunggu pun telah tiba. Hari ini hari minggu, dan kami berangkat ke Taman Mini Indonesia Indah dengan hati yang gembira.....dan eng...ing...eng...akhirnya, sampailah kami di Pintu belakang TMII.

Saat mulai memasuki TMII, terlihat suasananya tidak terlalu ramai....lumayan sepi...TMII ini buka mulai jam 07.00 s/d 21.00 WIB. Tiket masuk yang harus kami bayar hanya Rp.9.000,-/orang (anak 3 tahun ke atas harus bayar penuh. Nah, karena kami bawa mobil kamipun harus membayar tiket mobilnya Rp. 10.000,-/mobil. Murah banget ya ? : D (bandingin aja masuk Ancol and Dufan...ckckck). Begitu masuk, kami langsung berhadapan dengan berbagai rumah adat dari berbagai daerah, ada sumatera utara, sumatera barat, kalimantan, sulawesi, bahkan papua pun ada...komplit deh...Selain itu ada juga berbagai tempat peribadatan seperti masjid, gereja, klenteng.

Pertama-tama kami berhenti di kelenteng "Kong Miao"...tempat ini begitu berwarna dan desain serta ukirannya sangat bagus. Kami mengambil beberapa spot yang cukup ok untuk berfoto dan bergaya..heheh...ini nih foto-fotonya...









Saat merasa sudah puas dengan hasil fotonya kami pun segera bergerak menuju spot lainnya. Kali ini kami putuskan untuk naik SKY LIFT, agar bisa melihat keindahan TMII ini dari atas. For your information, sky lift ini sama dengan Gondola yang ada di Ancol. Sky lift di TMII ini terdiri atas 3 stasiun. Sky lift yang kami naiki ada di stasiun A. Kami bergegas membayar tiket dan naik ke atas..ups...ternyata antirannya sangat panjang sekali setelah berjalan menuju ke atas...namun, agar tidak terlalu membosankan menunggu antrian, kami pun mengambil kamera dan jpret..jpret...kitapun foto-foto lagi...
Masuk dalam Skylift, siap-siap take off.....
Menunggu antrian menuju Skylift

Antri Menuju Skylift TMII


Cheerss.......we are going to.......

Dari ketinggian skylift, kita bisa melihat adanya pulau indonesia yang dibuat sedemikian rupa menyamai peta pulau indonesia...keren..keren...*terharu sambil tiba-tiba ingin nyanyi lagu indonesia raya...:)

Kita juga bisa melihat beberapa rumah adat dari ketinggian skylift ini. Kebetulan di salah satu rumah adat yaitu Sumatera Barat, sedang diadakan penampilan tarian budaya dan nyanyian budaya tersebut...bagus deh...hmmm....indonesia kita memang top markotop ya...

Nah, setelah naik skylift ini, kamipun akhirnya turun...dan opss...di bawah tangga ada permainan bom-bom car yang sudah menunggu. Pas iseng nanya tiketnya, eh ternyata cukup murah, 1 orang hanya perlu 10 ribu rupiah saja agar bisa menaiki car ini. Pas permainan pertama, saya bingung cara mengendalikan mobilnya sehingga saya bolak balik nabrak mobil adik dan sepupu saya serta dinding...setelah selesai, kami tertawa lepas, dan saling memandang mengatakan seru...dan opss..kami pun kembali mengambil tiket kembali. Untungnya wahana ini masih sepi sehingga kami bebas untuk bermain kembali. 2 kali, ternyata masih seru...akhirnya kami lanjut lagi sekali lagi...jadilah per-orang 30.000,-. Begitu selesai, kami pun teriak bersamaah..."yah.....", dan saat kami lunglai mau meninggalkan mobil tersebut, si penjaga teriak.....kami boleh main sekali lagi free karena sudah main 3 kali....dan kami pun loncat kegirangan....asik..asik..kami boleh main gratis..heheh..dasar wanita gratisan ya..:)

Ini nih, foto kami sebelum dan setelah selesai bermain.






selanjutnya kami berjalan meninggalkan wahana dan kemudian singgah di tempat pembelian oleh-oleh...wow...banyak sekali cenderamata yang lucu dan bagus-bagus khas jakarta. Akhirnya kami membeli beberapa cenderamata seperti kaos TMII, jakarta dan wayang, serta topi yang lucu.

Perjalanan dilanjutnya, kali ini kami memilih berjalan kaki. Dan ups...ternyata ada sebuah taman dengan air mancur di tengahnya ada seperti MONAS...taman ini sangat indah.... di sisi luarnya terdapat dinding dengan ukiran timbul gambar pahlawan-pahlawan serta moment kemerdekaan Republic Indonesia...Amazing...



Di sekitar taman ini, banyak sekali keluarga yang menghamparkan tikar dan beraktivitas santai. Kebanyakan dari mereka sedang melakukan aktivitas makan dengan menggunakan tangan dan perlengkapan seadanya. Mereka terlihat lahap sekali dan bahagia. Di sela-sela makan, mereka bercengkerama dan bercanda bersama.

Setelah mengagumi lokasi taman ini dan menikmati pemandangan yang ada sambil tidak lupa foto-foto, kami melanjutkan perjalan kami ke arah peminjaman sepeda. Kayaknya cukup seru kalau bisa naik sepeda mengelilingi TMII ini...

Walau saya gak terlalu mahir naik sepeda (*bisanya dikit-dikit dan pakai rem kaki...hihih), saya tidak perlu khawatir, karena sepeda yang disewakan disini banyak ragamnya. Ada sepeda untuk berdua dan bertiga, jadi cukup yang di depan saja yang harus bisa naik sepeda, sisanya menjadi penumpang namun tetap ikut mendayung agar sepedanya bisa berjalan dengan sempurna. Harga sewa sepeda untuk berdua ini Rp. 20.000,- per sepeda selama 3 jam. Jadi kita punya hak paten selama 3 jam terhadap sepeda ini...tapi jgn coba-coba bawa pulang ya..soalnya KTP nya ditahan saat kita minjam sepeda ini :)



Setelah naik sepeda, kami pun makan siang...pilihan makanan disini tidak terlalu banyak. Memang lain kali lebih seru kalau bawa bekal aja sehingga kita bisa makan gelar tikar di pinggir danau bersama keluarga. Selain lebih enak tentunya juga lebih MURAH....heheheh..
Untuk makan siang kali ini kami memilih CFC dan rasanya so...so...tidak terlalu menyenangkan untuk aitem satu ini.

Setelah makan, kami jalan menuju imax, dan melihat-lihat..lalu kami lanjutkan perjalanan ke istana taman bunga dan pemandian di sana. Istananya cakep dan tidak kalah keren dengan istana waktu saya ke Disney Paris...:)

Kami pun kemudian foto-foto lagi di lokasi ini, tiba-tiba kameranya bilang "full of memory"...hihih..maklum dari tadi kerjanya cuma foto-foto mulu *tepok jidat...



Karena jam sudah menunjukkan jam 3 lewat, maka kamipun memutuskan harus segera ke Bandara Soe-ta, karena adik dan ponakanku akan kembali ke Medan dengan pesawat jam 17.55 wIB.

Liburan kali ini sangat menyenangkan :) terutama ketika bisa membuat adikku senang dan menikmati waktunya selama ada di Jakarta. Thank you TMII. Next time i will come...:)





No comments:

Post a Comment